Kamis, Agustus 21, 2008

Huoo...uo....uo...(????)

Wah, super-super lama aku nggak browsing internet. Udah lama pula aku nggak nengokin email ( maav buat send email dan belum dibales!!!). Setelah cabut dari Dekanat aku emang gak pernah kota-kota (ke Jogja). Paling cuman lewat-lewat doang, ga pernah bener-bener ngeluangin waktu buat dolan ataupun ke warnet! Hmmm… aku emang lagi memfokuskan diri ke desa (kelahiranku) dan gunung yang selama 5 tahun kuliah kemaren kurang aku intensifi dan syukuri keberadaannya. Tentu tak lupa juga sambil searching gawean kesana-kemari.

Ampun dah… susah bener nyari gawean di Jogja. Surplus sarjana sih, tapi minus lowongan kerja! Kalo menurutku sih (analisa seorang Penyamun) karena jumlah orang luar Jogja (yang sarjana produk Jogja) gak mau balik ke negeri asalnya. Mereka-mereka inilah yang akhirnya menghabiskan lahan kerjaan orang Jogja. Bukannya takut bersaing atau bahkan mengusir, aku cuman prihatin aja. Bayangin ya, mereka itu sebenarnya adalah agent of change dari daerah asal mereka. Mereka seharusnya bisa jadi roda penggerak di daerah asal mereka. Memutar roda perekonomian, merubah tatanan masyarakat, menghapuskan kekolotan dan menyajikan kemajuan. Bukan di Jogja, man… tapi di daerah mereka! Efek domino-nya adalah: daerah-daerah menjadi kurang berkembang, sarjana-sarjana ASLI Jogja yang hengkang ke daerah-daerah, dan banyaknya sarjana yang klonthang-klanthung!!! Yang paling parah adalah adanya gap antara supply dan demand tenaga kerja di Jogja sehingga pihak pemakai tenaga kerja menggaji (mengupah) para sarjana ini dengan tidak nguwongke (memanusiakan-red)… dibayar 300-350 ribu sebulan (s**t!!!).

Hmmm… wahai para Pengangguran (sepertiku), marilah kita kembangkan sayap kreatifitas kita, kita semai bibit-bibit enterpreuneur kita, kita uraikan konsep dan ide-ide gila kita! Marilah kita semua menjadi Penyamun… (hmmm), Penyamun bagi peluang-peluang bisnis yang belum tersentuh… sikat habis semua peluang!!!

Hmmm…. Mulai berapi-api nih (juga mulai ngaco). BTW, buat yang belom kecantol gawean, nyante aja, man! Pasang mata baik-baik pada percik-percik peluang bisnis. Ada yang pernah bilang ke aku; “Lebih baik jadi Bos di usaha kecil milik sendiri, daripada di perusahan gede tapi cuma jadi bawahan”. Gitu, bos? Hehehe… Lebih sip lagi kalo bisa nyabet kerjaan di sektor Formal tapi juga punya sampingan di sektor Informal!

0 Comments:

blogger templates 3 columns | Make Money Online